Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Provinsi Riau)
Main Author: | Junaedi, AchmadTavip |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161293/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan bank syariah masih belum memuaskan bila dibandingkan perkembangan bank konvensional. Rendahnya pertumbuhan market share bank syariah karena rendahnya loyalitas nasabah terhadap perbankan syariah. Bank syariah sebagai jasa perbankan di Indonesia perlu memperhatikan tingkat kepuasan yang maksimal. Nasabah yang puas cenderung loyal terhadap bank syariah. Tujuan utama penelitian ini adalah mengungkapkan model hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah bank syariah. Ada empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kualitas pelayanan sebagai variabel independen, loyalitas nasabah sebagai variabel dependen, variabel keadilan dan kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah judgment sampling, dari 392 kuisioner, yang layak sebanyak 217. Jumlah sampel ini telah memenuhi persyaratan untuk dapat menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Model). Beberapa temuan penting dalam penelitian ini adalah loyalitas dapat dipertahankan bila dilaksanakan kualitas pelayanan yang lebih baik. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan nasabah, nasabah yang merasa puas akan tetap loyal terhadap bank syariah. Keadilan bagi hasil yang sesuai akan menyebabkan nasabah puas, akan tetapi keadilan bagi hasil tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.