Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kemampuan Manajemen, Strategi Bisnis, Kemampuan Manajemen terhadap Kinerja Usaha

Main Author: Nur, Nofal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161273/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Strategi Bisnis dan Kemampuan Manajemen terhadap KinerjaUsaha; Studi pada Industri Kecil Menengah Percetakan di Kota Kendari.Obyek penelitian adalah Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Kendari. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Jumlah populasi adalah 103 industri percetakan ukuran kecil dan menengah. Teknik sampling menggunakan metode sensus. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan program AMOS 16.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Orientasi Kewirausahaan berperan penting dalam meningkatkan orientasi pasar, strategi bisnis, kemampuan manajemen dan kinerja usaha. Orientasi pasar yang tinggi mampu meningkatkan kinerja usaha. Strategi bisnis yang tepat dapat meningkatkan kinerja usaha. Kemampuan manajemen dapat mempengaruhi kinerja usaha walaupun pada tingkat yang tidak signifikan.