Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Stereotip Gender terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa yang Dimediasi oleh Kebutuhan Berprestasi dan Efikasi Diri (Studi pada Mahasiswa Asli Papua di Kota Jaya
Main Author: | Bharanti, BonifasiaElita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161268/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa secara langsung maupun tidak langsung melalui kebutuhan berprestasi dan efikasi diri serta pengaruh stereotip gender terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa secara langsung maupun tidak langsung melalui kebutuhan berprestasi dan efikasi diri. Populasi penelitian adalah mahasiswa Asli Papua yang berlatar belakang ekonomi yang ada di Kota Jayapura. Sampel diambil dari 197 mahasiswa berlatar belakang ekonomi dan bisnis dari 4 (empat) perguruan tinggi yang ada di Kota Jayapura. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan proportionate stratified random sampling dan analisis data menggunakan SEM ( Structural Equation Model ) dan Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dapat meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa secara tidak langsung dengan meningkatnya efikasi diri. Sedangkan stereotip gender dapat meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa secara langsung maupun tidak langsung dengan meningkatnya kebutuhan berprestasi dan efikasi diri. Stereotip gender memberikan kontribusi utama pada meningkatnya intensi kewirausahaan mahasiswa.