Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Dosen yang Dimediasi Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta di Jayapura)
Main Author: | Taruno, FXSoewartoCitro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161262/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mengkaji besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja dosen di perguruan tinggi swasta di Jayapura. Populasi penelitian seluruh dosen pada 6 (Enam) Perguruan Tinggi Swasta di Jayapura berjumlah 315 orang. Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik nonproportional random sampling dengan cara cluster berdasarkan jenjang pendidikan dan anggota sampel dipilih secara sistematis sebanyak 76 orang. Variabel penelitian terdiri dari: gaya kepemimpinan sebagai variabel bebas, kepuasan kerja dan motivasi kerja sebagai variabel antara, dan kinerja dosen sebagai variabel tergantung. Teknik pengumpulan data yang utama menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan metode statistik PLS (Partial Least Square). Temuan penelitian adalah: (1) Kontribusi atau sumbangan terbesar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja dosen berturut-turut adalah: (a) jalur dengan motivasi kerja sebagai mediator, (b) jalur dengan kepuasan kerja sebagai mediator, dan (c) jalur bersama-sama kepuasan kerja dan motivasi kerja sebagai mediator. (2) Untuk menghasilkan kinerja dosen yang lebih baik, seorang permimpin hendaknya: (a) Lebih kreatif dan inisiatif, membantu memecahkan masalah, memberi dorongan kepada para dosen, dan mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya, (b) Harus mampu menghasilkan perasaan senang para dosen dan memiliki kecintaan pada pekerjaan, serta mengkondisikan lingkungan kerja yang menyenangkan, dan (c) Harus mampu meningkatkan motivasi kerja para dosen melalui kebersamaan dalam bekerja, memperhatikan promosi karier, dan memberikan penghargaan kepada para dosen yang memiliki prestasi kerja yang baik.