Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, terhadap Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer (Studi di Bank Syari’ah Kota Malang)
Main Author: | Supriyanto, AchmadSani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161259/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : meneliti, menguji dan mengkaji pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kepemimpinan transformasional, terhadap kepuasan kerja dan kinerja manajer. Penelitian ini dilakukan di bank syari`ah di Kota Malang. Populasi penelitian adalah seluruh tingkatan manajemen (manajer, supervisor, dan kepala unit) Bank Syari`ah yang terdiri dari Bank Syari`ah Mandiri, BTN Syari`ah, Bank Muamalah, BRI Syari`ah, Bank Mega Syari`ah. Sampel penelitian ini sebesar 65 orang manajer bank. Pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Data dikumpulkan langsung dari responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan teknis analisis data menggunakan PLS ( Partial Least Square ). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kepemimpinan transformasional, kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kepemimpinan transformasional, kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diartikan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kepemimpinan transformasional merupakan komponen organisasi yang sangat berharga. Komponen ini dapat menjadi kompetensi inti organisasi untuk meningkatkan kepuasan kerja serta memperbaiki atau meningkatkan kinerja, yang merupakan sumber keunggulan bersaing organisasi dalam menghadapi lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat.