Makna Corporate Social Responsibility (CSR) bagi Manajemen Pabrik Gula PT. Kebon Agung (Studi pada Pabrik Gula PT. Kebon Agung, Malang, Jawa Timur)
Main Author: | Oktarizal, MuhamadAsrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161236/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah sebuah studi yang dilakukan pada Pabrik Gula PT. Kebon Agung Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan makna Corporate Social Responsibility (CSR) bagi pihak manajemen Pabrik Gula PT. Kebon Agung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain riset fenomenologi. Pada umumnya fenomenologi digunakan untuk menemukan suatu makna dari sebuah realitas. Peneliti menggunakan fenomenologi untuk menemukan makna CSR menurut pihak manajemen Pabrik Gula PT. Kebun Agung. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan diperkuat dengan beberapa dokumen serta catatan penting. Informan utama pada penelitian ini adalah, Manajer Tata Usaha dan Keuangan, Manajer Pabrikasi, Manajer Teknik, Manajer Tanaman, Kepala Bagian Umum dan Humas serta Komisaris. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa CSR dimaknai sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat, lingkungan, dan negara. Dalam mewujudkan tanggungjawab perusahaan terhadap masyarakat pihak manajemen mengaplikasikannya dalam bentuk kegiatan amal atau sumbangan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan membina kerjasama yang baik dengan para petani. Tanggung jawab terhadap lingkungan diaplikasikan dengan pengelolaan limbah, dan penggunaaan pupuk kompos dalam proses penanaman pohon tebu. Sedangkan tanggung jawab terhadap negara diwujudkan dengan cara berperan aktif dalam pembangunan nasional, salah satunya adalah menekan harga gula dan meningkatkan jumlah produksi gula