Pengaruh Tanggung Jawab Sosial, Tata Kelola Korporasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Publik Manufaktur di Ind

Main Author: MartiniG, NiNyomanPutu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161233/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis pengaruh tanggungj awab sosial perusahaan terhadap profitabilitas; pengaruh tata kelola korporasi terhadap profitabilitas; pengaruh ukuran perusahaan terhadap profitabilitas; pengaruh tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan; pengaruh tata kelola korporasi terhadap nilai perusahaan; pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan; pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan, tata kelola korporasi, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2009-2011. Populasi penelitian ini perusahaan manufaktur yang listed di BEI sebanyak 133 perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan populasi jenuh, dengan sampel 42 perusahaan. Sumber data merupakan data sekunder, yang diperoleh dari www.idx.co.id. Analisis data penelitian ini menggunakan Path analisys , dengan bantuan program Partial Last Square . Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab social mempengaruhi profitabilitas dan nilai perusahaan, karena kualitas pengungkapan perusahaan manufaktur cukup baik dan memenuhi standar yang dikeluarkan oleh GRI, sehingga memicu profitabilitas menjadi tinggi. Tata kelola korporasi berpengaruh terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan artinya bahwa tata kelola korporasi yang baik dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan, dengan cara meningkatkan pengawasan yang optimal terhadap manajemen dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, sehingga berdampak pada meningkatkan nilai perusahaan yang tak lepas dari kepercayaan investor akan kinerja keuangan perusahaan yang baik. Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan, artinya bahwa perusahaan yang memiliki asset yang besar, mampu mengelola sumber daya ekonominya dengan baik, yang dapat memicu tingginya tingkat profitabilitas perusahaan, sehingga menarik investor untuk menanamkan modalnya kepada perusahaan manufaktur dan nilai perusahaan menjadi meningkat. Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, artinya bahwa perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi, mampu meningkatkan nilai perusahaan. Maka nilai perusahaan manufaktur dipengaruhi oleh profitabilitas perusahaan yang melakukan dan mengungkapkan secara luas tanggung jawab sosialnya, memiliki tata kelola korporasi yang baik, dan ukuran perusahaan yang besar. hal ini menjadi faktor penting dalam menentukan strategi untuk meningkatkan nilai perusahaan manufaktur.