Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan dan Perilaku Berbagi Pengetahuan (Studi Aplikasi Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior pada Dosen Perguruan Tinggi Islam di Provinsi Riau)

Main Author: Mahyarni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161221/
Daftar Isi:
  • Perguruan Tinggi Islam memiliki tantangan yang tidak ringan dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya. Tantangan itu berkaitan dengan pengembangan SDM di bidang sains, dan teknologi. Perguruan Tinggi Islam juga terikat dengan komitmen mengemban misi utama perguruan tinggi, yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi, oleh karena itu Perguruan Tinggi Islam harus memegang komitmen yang kuat dan perlu mewarnainya dengan citra diri yang menonjolkan nilai-nilai Agama Islam dalam menjalankan komitmen tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung penguasaan teknologi informasi, Ajaran Agama Islam, sikap, norma subjektif dan Persepsi Kontrol Perilaku terhadap keinginan dan perilaku berbagi pengetahuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen tetap (PNS dan Yayasan) dan dosen yang diperbantukan (DPK) pada enam belas Perguruan Tinggi Islam di Provinsi Riau yang sudah terakreditasi berjumlah 554 orang dengan sampel sebanyak 190 orang. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis Structural Equation Modelling dengan program aplikasi komputer Analysis of Moment Structures . Temuan penelitian adalah (1) Penguasaan teknologi informasi, pemahaman Ajaran Agama Islam, sikap, norma subjektif yang baik dapat mendorong keinginan berbagi pengetahuan, (2) Penguasaan teknologi informasi, dan Persepsi Kontrol Perilaku yang baik dapat mendorong perilaku berbagi pengetahuan, (3), Persepsi Kontrol Perilaku yang baik belum mampu mendorong meningkatnya keinginan berbagi pengetahuan (4) Pemahaman Ajaran Agama Islam, sikap, dan norma subjektif yang baik belum mampu mendorong meningkatnya perilaku berbagi pengetahuan, (5) Penguasaan teknologi informasi, Ajaran Agama Islam, sikap, dan norma subjektif yang baik dapat mendorong perilaku melalui keinginan berbagi pengetahuan, (6) Persepsi Kontrol Perilaku yang baik belum mampu mendorong perilaku melalui keinginan berbagi pengetahuan, (7) Keinginan dapat mendorong meningkatnya perilaku berbagi pengetahuan.