Knowledge Management dan Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Praktik Manajemen Sumberdaya Manusia Strategik terhadap Kinerja Organisasi (Sudi pada Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Kalimant
Main Author: | Basuki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161220/ |
Daftar Isi:
- Pada tahun 1990an diterminasi manajemen berkinerja tinggi menjadi sangat populer. Manajemen berkinerja tinggi ini sering juga disebut dengan istilah praktik-praktik manajemen sumberdaya manusia strategik dalam rangka meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia yang memiliki kompentensi yang tinggi, khusunya bila dipadukan dengan strategi-strategi organisasi. Selain itu, praktik manajemen sumberdaya manusia strategik dapat menciptakan perilaku sumberdaya manusia berorientasi pada pelanggan dan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris baik hubungan langsung maupun tidak langsung pengaruh variabel praktik manajemen sumber daya manusia strategik, knowledge management , kualitas pelayanan terhadap kinerja organisasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah paradigma positivis. Unit analisis dalam penelitian ini sebanyak 23 buah rumah sakit pemerintah dan swasta di Kalimantan Selatan. Responden sebanyak 115 orang yang terdiri dari pimpinan rumah sakit dan dokter serta kepala perawat dan perawat. Data primer diperoleh melalui kuesioner, metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Praktik manajemen sumber daya manusia strategik secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan dan kinerja organisasi; Praktik manajemen sumberdaya manusia strategik berpengaruh signifikan terhadap knowledge management; knowledge management berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan dan kinerja organisasi; Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi; Praktik manajemen sumberdaya manusia strategik dimediasi knowledge management dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi, demikian juga praktik manajemen sumberdaya manusia strategik dimediasi knowledge management berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan. Kesimpulan secara umum bahwa selama praktik manajemen sumberdaya manusia strategik mampu meningkatkan knowledge management dan kualitas pelayanan, maka kinerja organisasi semakin lebih baik. Demikian juga selama praktik manajemen sumbrdaya manusia strategik mampu meningkatkan knowledge management, maka kualitas pelayanan dapat semakin lebih baik.