Kepuasan Mahasiswa Sebagai Mediasi Atas Hubungan Antara Praktek Total Quality Management dan Kinerja Program Studi Manajemen Pada Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta
Main Author: | Sutanto, Aftoni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161214/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini menjelaskan pengaruh praktek Total Quality Management terhadap kinerja. Lebih spesifik bertujuan menguji dan menjelaskan peran kepuasan mahasiswa sebagai mediasi atas hubungan antara praktek Total Quality Management dan kinerja Program Studi Manajemen. Desain penelitian menggunakan pendekatan explanation research. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh program studi manajemen pada perguruan tinggi Swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 28 program studi dan di ambil semua (complete enumeration). Kriteria anggota populasi: program studi yang terakreditasi minimal C dan status akreditasinya masih berlaku (26 program studi yang memenuhi syarat). Responden adalah ketua atau sekretaris program studi manajemen, dosen serta mahasiswa manajemen. Setiap program studi di ambil 5 mahasiswa secara random sederhana. Metode analisis data dalam pengujian hipotesis adalah Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek Total Quality Management berpengaruh signifikan terhadap kinerja program studi. Praktek TQM berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Serta kepuasan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap kinerja program studi. Variabel kepuasan mahasiswa terbukti sebagai mediasi parsial atas hubungan praktek Total Quality Management dan kinerja program studi manajemen.