Formulasi Strategi Perusahaan Orientasi CSR dan Implementasinya terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Kawasan Industri Makassar)

Main Author: Yusuf, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161207/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan pada kondisi realitas aktivitas CSR yang identik dengan program-program generik CSR, dimana perusahaan selama ini melaksanakan implementasi CSR karena derasnya tekanan-tekanan eksternal, bukan merupakan kesadaran internal perusahaan untuk memberikan kontribusi terhadap perbaikan lingkungan sosial, serta tidak memiliki keterkaitan dengan kegiatan utama dan strategi perusahaan, sehingga tidak memberi kontribusi benefit baik terhadap kinerja maupun keunggulan bersaing perusahaan. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan suatu bentuk penelitian untuk mengkaji perilaku pimpinan dalam memformulasi strategi perusahaan yang berorientasi corporate social responsibility (CSR) dalam upaya peningkatan kinerja perusahaan melalui implementasi CSR yang terintegrasi dengan strategi perusahaan, yang berada dalam kawasan Industri Makassar (PT. KIMA). Unit analisis penelitian adalah perusahaan. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 81 orang pimpinan level general manager dan pimpinan setingkat manager fungsional perusahaan. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation Model (SEM) berbasis variance dengan program Partial least Square (PLS). Temuan penelitian ini memberikan implikasi teoritis terhadap dukungan atas penerapan teori triple button line dalam formulasi strategi perusahaan industri untuk meningkatkan orientasi strategi terhadap aspek-spek lingkungan dan sosial. Selain itu teori ini juga mendukung formulasi strategi dalam model peningkatan kinerja keuangan dan kinerja non-keuangan perusahaan dalam konsep balanced scorecard (BSC) yang dimediasi implementasi corporate social responsibility (CSR).