Proses Pembelajaran Umkm Dari Strategi Peniruan Menuju Strategi Inovasi (Studi Interpretif Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah / Umkm Di Sentra Industri Tas Dan Koper Tanggulangin-Sidoarjo Jawa Timu
Main Author: | Sulistiyani, Rina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161123/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengungkap sikap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap strategi peniruan, pengalaman-pengalaman UMKM terkait faktor pendorong dan faktor kendala dalam menjalankan strategi peniruan, sikap terhadap strategi inovasi, proses pembelajaran UMKM menuju strategi inovasi melalui pengalaman selama menjalankan strategi peniruan. Desain penelitian fenomenologi digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 5 informan dan analisis data mengacu pada analisis data model Creswell. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Sikap positif terhadap strategi peniruan tercermin dalam konsep semangat belajar dan semangat untuk maju;2) pengalaman-pengalaman terkait faktor pendorong dan faktor kendala dalam menjalankan strategi peniruan tercermin dalam konsep peluang keuntungan, akses pasar, belajar dari kegagalan, orientasi jangka panjang, dan kerja keras; 3) sikap positif terhadap strategi inovasi mencakup konsep trend setter, pelopor pasar, kesuksesan, kreativitas, keikhlasan berbagi ilmu, terbuka terhadap ide dari luar, dan senang tantangan; 4) proses pembelajaran melalui pengalaman selama menjalankan strategi peniruan mencakup tahapan niru (meniru), niteni (berpikir kritis), nambahi (pengembangan), dan karyo sejati (sikap inovatif). Proses pembelajaran ini merupakan hasil interaksi antara konsep-konsep tersebut dan keberhasilan beralih dari strategi peniruan ke strategi ke strategi inovasi ditentukan oleh kemampuan menyeimbangkan antara aspek wira dan usaha.