Tinjauan Efek Aspek Emosi pada Integrasi Etika dalam Pembelajaran Auditing Berbasis Daring terhadap Pengambilan Keputusan Etis Akuntan Publik (Sebuah Studi Eksperimen)

Main Author: SuryaningrumDiahHari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161109/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh integrasi etika dan pembelajaran daring terhadap kemampuan akuntan publik melakukan pengambilan keputusan etis dan bagaimana emosi memengaruhi pengambilan keputusan etis tersebut. Enam puluh mahasiswa Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) sebagai penyulih Akuntan Publik berpartisipasi dalam penelitian eksperimen ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi integrasi etika dengan metode pembelajaran daring memengaruhi pegambilan keputusan etis. Partisipan yang mendapat integrasi materi etika dengan metode pembelajaran daring mempunyai keyakinan pengambilan keputusan etis yang lebih baik dibandingkan partisipan lainnya. Penelitian ini juga membuktikan bahwa perspektif irrasional seperti emosi memengaruhi pengambilan keputusan etis akuntan publik. Hasil ini mengimplikasikan bahwa contoh-contoh kasus audit dan praktek yang konsisten pengambilan keputusan etis tentang kehidupan sosial dapat membentuk ethical mind-set akuntan publik. Pembelajaran daring dengan keunggulan pembelajaran kapanpun dan di manapun mendukung terjadinya praktik pembelajaran yang konsisten.