Pengaruh Faktor Kualitas Audit terhadap Kepuasan Klien: Opini Going Concern sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perbankan di Indonesia)
Main Author: | Ikhsan, Arfan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161105/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh faktor kualitas audit terhadap kepuasan klien: opini going concern sebagai variabel pemoderasi. Kepuasan klien audit merupakan tingkat dimana kebutuhan, keinginan dan harapan klien yang terpenuhi akan mengakibatkan pembelian ulang atau kesetiaan berlanjut. Kepuasan klien audit akan tercipta apabila auditor tetap mempertahankan faktor-faktor kualitas audit dalam melakukan jasa auditnya. Faktor-faktor tersebut terdiri: pengalaman audit, memahami industri klien, penguasaan standar akuntansi, independensi tim audit, sikap hati-hati tim audit, pelaksanaan audit lapangan dan standar etika. Populasi penelitian ini adalah internal auditor perusahaan perbankan di Indonesia. Sampel penelitian ini adalah pimpinan internal auditor. Penarikan sampel dilakukan dengan cara metode penarikan sampel acak sederhana ( simple random sampling ).Pengujian hipotesis dilakukan dengan dua cara: pertama, analisis regresi dan kedua moderated regression analysis (MRA). Dari 120 kuisioner yang dikirim, sebanyak 67 kuisioner yang kembali dan layak untuk diolah dengan tingkat tanggapan ( response rate ) sebesar 55,08 %. Secara simultan, pengujian model empiris menghasilkan bahwa pengalaman audit, memahami industri klien, penguasaan standar akuntansi, independensi tim audit, sikap hati-hati tim audit, pelaksanaan audit lapangan dan standar etika berpengaruh terhadap kualitas audit dan kualitas audit berpengaruh terhadap kepuasan klien. Hasil pengujian terhadap opini going concern yang merupakan variabel moderat diantara variabel kualitas audit terhadap kepuasan klien juga menghasilkan nilai yang signifikan dimana variabel ini memiliki pengaruh yang memoderasi diantara variabel kualitas audit dan kepuasan klien.