Standar Kecantikan Perempuan Jepang Dalam Iklan Kosmetik
Main Author: | Noviana, Tri Hesfian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161/1/TRI%20HESFIAN%20NOVIANA.pdf http://repository.ub.ac.id/161/ |
Daftar Isi:
- Kecantikan adalah adalah hal yang lekat dengan perempuan dan merupakan sifat feminin. Standar kecantikan banyak unsur pembentuknya, salah satunya adalah faktor budaya dan dunia periklanan. Jepang adalah negara yang standar kecantikannya masih dipengaruhi oleh unsure budaya, seperti dambaan memiliki kulit putih, rambut yang hitam dan panjang, mata yang ekspresif, bibir yang sensual dan juga tubuh yang langsing. Untuk menunjang penampilan fisik tersebut, perempuan menggunakan kosmetik. Salah satu kosmetik yang poster iklannya menampilkan standar kecantikan perempuan Jepang berdasarkan budaya adalah Shiseido. Shiseido merupakan nama merek kosmetik sekaligus nama perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1961, dan menggunakan logo bunga kamelia. Bunga kemelia merupakan flora yang mempunyai arti filosofis dalam budaya Jepang. Oleh sebab itu, dalam studi ini penulis akan menjawab rumusan masalah bagaimana standar kecantikan perempuan Jepang dalam poster iklan kosmetik Shiseido. Tujuannya adalah untuk mendeskripsian standar kecantikan perempuan Jepang dalam poster iklan Shiseido. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan standar kecantikan perempuan Jepang dalam poster iklan Shiseido yang dipelajari dengan jelas dan sistematis. Studi deskripsi secara tekstual digunakan karena studi ini bertujuan untuk menganalisis poster iklan Shiseido, menggunakan teori semiotika Barthes. Hasil studi menunjukkan adanya keserupaan antara standar kecantikan dalam budaya Jepang dan standar kecantikan yang ditampilkan dalam poster iklan Shiseido yang berupa dambaan memiliki kulit putih, rambut hitam dan panjang, mata yang ekspresif, bibir sensual serta tubuh yang langsing. Hal tersebut direpresentasikan dalam poster iklan Shiseido berjenis Haku, Aqua Intensive Hair Care, Eye Makeup, Maquillage dan Relaxing Fragarance. Penelitian ini juga dapat diteliti menggunakan teori kritik feminisme untuk membahas konstruksi kecantikan perempuan yang dibangun oleh ideologi kapitalis.