Analisis Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pembangunan Ekonomi di Provinsi Papua (Studi Kasus: Kapupaten Jayapura dan Kota Jayapura)
Main Author: | Buinei, Yesaya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160960/ |
ctrlnum |
160960 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/160960/</relation><title>Analisis Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pembangunan Ekonomi di Provinsi Papua (Studi Kasus: Kapupaten Jayapura dan Kota Jayapura)</title><creator>Buinei, Yesaya</creator><subject>352.6 Personnel management (Human resource management)</subject><description> 
Pelayanan publik di Provinsi Papua belum optimal. Hal tersebut ditunjukkan oleh pendidikan yang belum merata, fasilitas kesehatan yang kurang memadai, serta prosedur perijinan yang kurang efektif. Permasalahan penelitian ini adalah pelayanan publik yang belum optimal berdampak rendahnya kepuasan masyarakat sebagai penerima manfaat dan kinerja pembangunan yang belum optimal. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh pelayanan publik di bidang pendidikan, kesehatan dan perijinan; pengaruh kepuasan masyarakat terhadap kinerja pembangunan ekonomi; pengaruh pelayanan publik terhadap kinerja pembangunan ekonomi, serta mensintesakan kebijkan pelayanan publik yang dapat mengefektifkan pelayanan publik di bidang pendidikan, kesehatan dan perijinan dalam meningkatkan kinerja pembangunan ekonomi di Provinsi Papua. 
Penelitian ini dilakukan di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Pengambilan sample responden dilakukan menggunakan metode quota dan purposive sampling sebanyak 150 responden dengan sasaran penelitian penerima manfaat jasa publik. Selain itu, dilakukan wawancara mendalam terhadap pengelola pelayanan publik. Analisis dilakukan dengan SEM dengan variabel utama yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy . 
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa tangible dan assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan penerima manfaat dan kinerja pembangunan. Untuk kinerja pembangunan yang optimal, aspek tangible dan assurance perlu ditingkatkan dengan memperhatikan rational choice dan public policy . Upaya peningkatan pelayanan publik melalui pelayanan prima dapat diimplementasikan dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dari sisi tangible , faktor peralatan dan teknologi ditingkatkan melalui penerapan sistem pelayanan terpadu satu atap untuk efektifitas dan efisiensi pelayanan publik; dan inovasi pelayanan kepada masyarakat misalnya dengan pelayanan online yang lebih cepat dan aman. Sedangkan sisi assurance , dapat dilakukan peningkatan gaji atau pemberian insentif bagi pegawai yang memberikan pelayanan prima kepada penerima manfaat dan penerapan sistem penilaian mutu kinerja dengan cara penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP). 
</description><date>2012-07-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Buinei, Yesaya (2012) Analisis Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pembangunan Ekonomi di Provinsi Papua (Studi Kasus: Kapupaten Jayapura dan Kota Jayapura). Doctor thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>DES/352.63/BUI/a/061302628</relation><recordID>160960</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Buinei, Yesaya |
title |
Analisis Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pembangunan Ekonomi di Provinsi Papua (Studi Kasus: Kapupaten Jayapura dan Kota Jayapura) |
publishDate |
2012 |
topic |
352.6 Personnel management (Human resource management) |
url |
http://repository.ub.ac.id/160960/ |
contents |
Pelayanan publik di Provinsi Papua belum optimal. Hal tersebut ditunjukkan oleh pendidikan yang belum merata, fasilitas kesehatan yang kurang memadai, serta prosedur perijinan yang kurang efektif. Permasalahan penelitian ini adalah pelayanan publik yang belum optimal berdampak rendahnya kepuasan masyarakat sebagai penerima manfaat dan kinerja pembangunan yang belum optimal. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh pelayanan publik di bidang pendidikan, kesehatan dan perijinan; pengaruh kepuasan masyarakat terhadap kinerja pembangunan ekonomi; pengaruh pelayanan publik terhadap kinerja pembangunan ekonomi, serta mensintesakan kebijkan pelayanan publik yang dapat mengefektifkan pelayanan publik di bidang pendidikan, kesehatan dan perijinan dalam meningkatkan kinerja pembangunan ekonomi di Provinsi Papua.
Penelitian ini dilakukan di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Pengambilan sample responden dilakukan menggunakan metode quota dan purposive sampling sebanyak 150 responden dengan sasaran penelitian penerima manfaat jasa publik. Selain itu, dilakukan wawancara mendalam terhadap pengelola pelayanan publik. Analisis dilakukan dengan SEM dengan variabel utama yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy .
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa tangible dan assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan penerima manfaat dan kinerja pembangunan. Untuk kinerja pembangunan yang optimal, aspek tangible dan assurance perlu ditingkatkan dengan memperhatikan rational choice dan public policy . Upaya peningkatan pelayanan publik melalui pelayanan prima dapat diimplementasikan dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dari sisi tangible , faktor peralatan dan teknologi ditingkatkan melalui penerapan sistem pelayanan terpadu satu atap untuk efektifitas dan efisiensi pelayanan publik; dan inovasi pelayanan kepada masyarakat misalnya dengan pelayanan online yang lebih cepat dan aman. Sedangkan sisi assurance , dapat dilakukan peningkatan gaji atau pemberian insentif bagi pegawai yang memberikan pelayanan prima kepada penerima manfaat dan penerapan sistem penilaian mutu kinerja dengan cara penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP).
|
id |
IOS4666.160960 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:45:54Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:45:43Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454361359220736 |
score |
17.538404 |