Pengaruh Nilai Keunikan Terhadap Keunggulan Kompetitif Destinasi Pariwisata Berdasarkan Dimensi Resource Based View Theory (Studi Pada Industri Kreatif Di Kota Bandung)

Main Author: Prasetyo, Triyugo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160798/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan mengevaluasi pengaruh kapabilitas dan penciptaan nilai terhadap keunggulan kompetitif; 2) Mengetahui dan mengevaluasi pengaruh kapabilitas, penciptaan nilai dan keunggulan kompetitif terhadap daya tarik; 3) Mengetahui dan mengevaluasi pengaruh keunggulan kompetitif sebagai mediator hubungan antara kapabilitas dan penciptaan nilai terhadap daya tarik. Responden penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di kota Bandung sebanyak 160 orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan skala pengukuran dalam penelitian ini adalah itemized rating scales, dengan menggunakan skala Likert. Alat analisis yang digunakan analisis Stuctural Equation Modeling (SEM) berbasis komponen GSCA (Generalized structured component analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas (keunikan) bepengaruh secara signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan daya tarik. Penciptaan nilai berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan daya tarik. Keunggulan kompetitif berpengaruh signifikan terhadap daya tarik. Keunggulan kompetitif sebagai mediasi parsial antara kapabilitas (keunikan) dan penciptaan nilai terhadap daya tarik.