Analisis Produk Wisata, Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Kondisi Lingkungan dan Kepuasan Pelanggan serta Pengaruhnya terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Kawasan Wisata Biak Numfor Provinsi Pap
Main Author: | Ronsumbre, Josephus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160794/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: mengkaji dan menganalisis pengaruh produk wisata terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan; mengkaji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan; Mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan; mengkaji dan menganalisis pengaruh kondisi lingkungan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan; mengkaji dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas wisatawan. Responden penelitian ini adalah wisatawan mancanegara yang berjumlah 153 responden dan wisatawan nusantara yang berjumlah 150 responden dan 4 orang informan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah SEM ( Structural Equation Model ) dengan menggunakan program AMOS ( Analysis Moment Structures ). Hasil penelitian untuk wisatawan mancanegara menunjukkan bahwa kepuasan sebagai variable mediator antara produk wisata dan kondisi lingkungan terhadap loyalitas wisatawan. Hasil penelitian untuk wisatawan nusantara menunjukkan bahwa kepuasan sebagai variable mediator kondisi lingkungan dengan loyalitas. Kepuasan memiliki peranan yang strategis bagi variable produk wisata dan kondisi lingkungan guna menghasilkan loyalitas wisatawan.