Karakteristik Wirausaha, Kompetensi Kewirausahaan, dan Strategi sebagai Penentu Kinerja Bisnis (Studi pada Usaha Kecil Menengah Binaan di Kabupaten Malang)
Main Author: | Sarwoko, Endi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160780/ |
Daftar Isi:
- Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran yang strategis bagi perekonomian Indonesia, karena memiliki peran dalam penyerapan tenaga kerja dan pembentukan Produk Domestik Bruto. Walaupun UKM memiliki peran strategis namun tingkat keberhasilan usahanya masih rendah, sehingga perlu diketahui faktor-faktor yang menentukan keberhasilan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik wirausaha terhadap kinerja bisnis di UKM binaan Kabupaten Malang, menganalisis pengaruh karakteristik wirausaha terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh kompetensi kewirausahaan, pengaruh karakteristik wirausaha terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh strategi, dan menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh strategi. Sampel yang digunakan 147 orang pemilik usaha kecil dan menengah binaan di Kabupaten Malang, diambil dengan teknik Proportional Random Sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wirausaha mengarahkan perilaku melalui penciptaan kompetensi kewirausahaan pemilik UKM. Selanjutnya kinerja bisnis ditentukan oleh kompetensi kewirausahaan pemilik UKM. Kompetensi kewirausahaan juga mampu meningkatkan pelaksanaan strategi pertumbuhan usaha, kemampuan pelaksanaan strategi inilah yang menentukan kinerja bisnis. Jadi seorang wirausaha tanpa memiliki kompetensi kewirausahaan tidak akan mampu memperkuat pelaksanaan strategi pertumbuhan usaha dan tidak akan mampu mencapai kinerja bisnis.