Aplikasi Entrepreneurial Marketing dan Hubungannya dengan Persepsi Nilai Pelanggan pada Bisnis Ritel dalam Perspektif Co-Creation Experience (Studi pada Pusat Belanja di Kota Malang)
Main Author: | Nuralam, Syukur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160779/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami secara lebih mendalam tentang aplikasi entrepreneurial marketing dan hubungannya dengan persepsi nilai pelanggan pada bisnis ritel dalam perspektif co-creation experience . Pendekatan penelitian ini menggunakan e mbedded mixed methods-correlational model yang bermakna bahwa data kualitatif ( less priority ) melengkapi pemahaman secara lebih mendalam tentang data kuantitatif ( greater priority ). Data kuantitatif diperoleh melalui kuesioner. Sebanyak 270 responden berpartisipasi: 135 responden dari unsur pengelola pusat belanja dan 135 respoden dari unsur pelanggan. Structural Equation Model (SEM) digunakan untuk menganalisis data. Alasannya adalah bahwa SEM mampu mengukur hubungan kausalitas di antara sejumlah unobserved (latent) variables . Terdapat dua belas hipotesis yang dibangun dan diuji untuk itu. Sedangkan, data kualitatif diperoleh melalui in-depth interviews. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan kausalitas antara aplikasi entrepreneurial marketing dengan persepsi nilai pelanggan di dalam co-creation experience . Meningkatnya aplikasi entrepreneurial marketing dan aplikasi lima dimensi entrepreneurial marketing : innovativeness, proactiveness, opportunity-driven, resource leveraging, dan value creation dapat meningkatkan persepsi nilai pelanggan; sementara, meningkatnya aplikasi dua dimensi entrepreneurial marketing : calculated risk-taking dan customer intensity ternyata tidak dapat meningkatkan persepsi nilai pelanggan. Di sisi lain, meningkatnya persepsi nilai pelanggan dan tiga dimensi nilai pelanggan: utilitarian value, social value, dan hedonic value ternyata dapat meningkatkan aplikasi entrepreneurial marketing.