Pengaruh Kepemilikan Insider dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Kebijakan Dividen dan Leverage (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Main Author: Sumail, LaOde
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160751/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: 1) kepemilikan insider terhadap leverage ; 2) pertumbuhan penjualan terhadap leverage ; 3) kepemilikan insider terhadap leverage dimediasi kebijakan dividen; 4) pertumbuhan penjualan terhadap leverage dimediasi kebijakan dividen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan 2007-2011. Berdasarkan kriteria populasi, jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria 22 perusahaan, maka metode pengambilan sampel digunakan sampel jenuh atau sensus. Jumlah observasi penelitian 110. Metode analisis data menggunakan Path Analysis. Temuan penelitian adalah: 1) Semakin tinggi kepemilikan insider maka manajer lebih hati-hati dan produktif, dimana utang digunakan pada investasi produktif dan leverage menjadi bertambah; 2) Ketika pertumbuhan penjualan tinggi, perusahaan tidak perlu menambah utang dan leverage konstan; 3) Semakin tinggi kepemilikan insider semakin manajer lebih produktif dan laba menjadi besar, transfer keuntungan berupa dividen menjadi tinggi dan leverage akan bertambah; 4) Semakin tinggi pertumbuhan penjualan semakin tinggi pembayaran dividen dengan asumsi investasi konstan dan akan berpengaruh pula pada kenaikan leverage . Hubungan kepemilikan insider dengan leverage di mediasi oleh kebijakan dividen memperkuat berlakunya agency theory dan pecking order theory pada perusahaan manufaktur di Indonesia . Selanjutnya, hubungan pertumbuhan penjualan dengan leverage di mediasi oleh kebijakan dividen memperkuat berlakunya pecking order theory pada perusahaan manufaktur di Indonesia . Dengan meletakan kebijakan dividen sebagai variabel mediasi antara hubungan kepemilikan insider dengan leverage dan hubungan pertumbuhan penjualan dengan leverage menghasilkan pengembangan model penelitian sebelumnya dan memberikan penjelasan dengan baik antara hubungan kepemilikan insider dengan leverage dan hubungan pertumbuhan penjualan dengan leverage.