Pengaruh Sektor Industri, Sosial Ekonomi Masyarakat, Proses Pembelajaran Terhadap Mutu Lulusan Satuan Pendidikan (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Dan Kota Jayapura)

Main Author: Betaubun, RobertJohan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160710/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara empirik: (1) proses pembelajaran sebagai mediasi pengaruh peranan sektor industri terhadap mutu lulusan, (2) pengaruh peranan sektor industri terhadap proses pembelajaran, (3) peran proses pembelajaran sebagai mediasi pengaruh dukungan sosial ekonomi masyarakat terhadap mutu lulusan, (4) pengaruh dukungan sosial ekonomi masyarakat terhadap proses pembelajaran, dan (5) pengaruh proses pembelajaran terhadap mutu lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode survei, dengan pendekatan explanatory research dengan pengumpulan data dilakukan dalam satu tahap (one short study) atau secara cross section. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji hubungan kausal antara variabel sektor industri dan sosial ekonomi masyarakat sebagai variabel independen, mutu lulusan sebagai variabel dependen yang dimediasi oleh variabel proses pembelajaran. Analisis yang digunakan, yakni Generalized Structured Component Analysis (GeSCA). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada wilayah Kabupaten/Kota Jayapura sebanyak 40 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semakin baik peranan sektor industri, akan mampu meningkatkan mutu lulusan yang dimediasi oleh proses pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan pelatihan instruktur, meningkatkan prestasi akademik siswa dalam sistim pendidikan, (2) semakin baik peranan sektor industri akan semakin meningkat proses pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan keunggulan sistem pendidikan komperatif melalui pelatihan instruktur, (3) Dukungan social ekonomi masyarakat tidak berpengaruh terhadap peningkatan mutu lulusan, berdasarkan kesadaran masyarakat bersikap, pasif dalam menunjang sistem pendidikan berfokus pada orientasi prestasi pendidikan, (4) semakin baik dukungan sosial ekonomi masyarakat akan semakin meningkat proses pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan kesadaran masyarakat dalam sistem pendidikan melalui manajemen sekolah, (5) semakin meningkat proses pembelajaran akan semakin tinggi mutu lulusan memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan sistem pendidikan secara spesialisasi untuk meningkatkan prestasi pendidikan.