Merajut Nilai- Nilai Kearifan Lokal Untuk Membangun Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan(Studi Etnografi Pemasaran di Ubud)

Main Author: Sukawati, TjokordaGdeRaka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160693/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Bali serta penerapannya dalam sektor pariwisata, khususnya dalam bidang pemasaran pariwisata. Lingkup wilayah penelitian ini terutama adalah kawasan Ubud dan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal masyarakat selalu menyertai perkembangan kawasan Ubud, sejak lahirnya peradaban sampai menjadi kawasan pariwisata internasional. Nilai-nilai kearifan lokal ini menjadi faktor keunggulan daya saing yang unik dan sulit ditiru. Berkat penerapan nilai-nilai kearifan lokal secara konsisten inilah maka sektor pariwisata di Ubud bisa berkelanjutan sampai saat ini. Secara teoritis penelitian ini telah mampu mengungkap bahwa konsepkonsep pemasaran modern sebenarnya telah ada pada nilai-nilai dan praktik pelaksanaan kearifan lokal. Setiap desa di Bali memiliki nilai-nilai dan pelaksanaan kearifan lokal yang berbeda antara satu desa dengan lainnya. Karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap nilai-nilai kearifan lokal lainnya di Bali dan juga pelaksanaannya di tempat-tempat lain.