Analisis Pencarian Lokasi Parkir Terbaik Dengan Menggunakan Algoritma Best Fit Dan Logika Fuzzy Berbasis Radio Frequency Identification (RFID)

Main Author: Nurhasan, Usman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160278/
Daftar Isi:
  • Pada sebuah sistem parkir, lokasi parkir dan kendaraan yang diparkir merupakan aspek penting terciptanya sebuah manajemen parkir yang baik. Pendataan kendaraan yang masuk, pemilihan lokasi tujuan, ukuran kendaraan dan juga pemilihan slot parkir yang jelas seyogyanya mendapat perhatian yang serius. Kuota kendaraan yang masuk menuju sebuah area parkir bersifat fluktuatif setiap waktunya, sehingga diperlukan sebuah manajemen yang baik dalam pengelolaannya. Apabila tidak, maka yang terjadi adalah adanya penumpukan kendaraan di dalam area parkir sehingga mengganggu proses transaksi parkir itu sendiri. Penempatan lokasi merupakan rangkaian tahapan proses yang harus dilalui oleh setiap kendaraan, diantaranya harus ditentukan tujuan awal, proses pemilihan lokasi dan juga pendataannya, serta harus memenuhi beberapa persyaratan serta ketentuan lain yang telah ditentukan oleh sistem. Proses ini harus diselesaikan secara cepat dan tepat, jika tidak maka proses parkir kendaraan tersebut akan mengganggu proses parkir kendaraan yang lain, atau dalam kata lain terjadinya penumpukan. Penelitian ini difokuskan untuk memilih dan merekomendasi lokasi parkir kemudian mengklasifikasi ke dalam area parkir yang berskala “dekat”, “sedang”, dan “jauh” dar area tujuan parkir. Input dari sistem ini adalah jarak antar titik (node) area, kapasitas masing masing area dan juga ukuran kendaraan yang akan diparkir. Proses regristasi kendaraan menggunakan media Radio Frequency Identification (RFID) dan bersifat realtime, sehingga memudahkan pengelola untuk memanajemen data parkir. Lokasi parkir yang digunakan sebagai sampel adalah lokasi kampus Universitas Brawijaya Malang. Data yang di peroleh dari peta lokasi adalah jarak antar gedung yang kemudian dicari jarak sebenarnya dan menjadi salah satu parameter yang dianalisa oleh Logika Fuzzy. Output dari Fuzzy ini adalah bobot area yang direkomendasikan, dengan aturan (rule) proses yang digunakan adalah Fuzzy Sugeno. Dari titik yang telah direkomendasikan tadi, didapat status slot di dalamnya. Yang kemudian direkomendasikan slot parkir menggunakan Algoritma Best Fit. Lokasi parkir terbaik yang diharapkan adalah ditentukannya area parkir terdekat dengan area tujuan dan slot yang sesuai dengan ukuran kendaraan yang diparkir.Hasil dari pengujian secara perhitungan manual maupun otomatis menggunakan aplikasi, bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam penentuan lokasi parkir adalah jarak node area yang ada disekitar area tujuan. Penggunaan kolaborasi Algoritma Fuzzy dan Best Fit dirasa cukup efisien, mengingat keduanya berperan penting sesuai parameter yang diolah. Diharapkan adanya pengembangan-pengembangan lebih lanjut dari penelitian ini, diantaranya penambahan parameter lain yang berkaitan dengan kasus parkir. Parameterparameter yang bisa ditambahkan antara lain adalah waktu parkir, skala prioritas dan juga sistem yang berbasis client-server.