Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk melalui Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada UKM Sari Apel di Kota Batu)

Main Author: Ikasari, DhitaMorita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160148/
Daftar Isi:
  • Sari apel merupakan salah satu produk hasil olahan buah apel yang sangat potensial untuk dikembangkan. Akhir-akhir ini industri sari apel semakin berkembang yang terlihat dengan banyaknya merk-merk sari apel yang ada di pasar. Kondisi ini membuat masing-masing produsen gencar dalam upaya merebut pasar dan tentunya akan menimbulkan persaingan yang tajam. Kunci penting untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing. Terdapat banyak faktor penting untuk mencapai keunggulan bersaing suatu perusahaan. Pada penelitian ini digunakan 3 faktor keunggulan bersaing yaitu orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan. Alasan pemilihan faktor tersebut karena objek penelitian ini adalah UKM. Tidak semua faktor keunggulan bersaing dapat diterapkan pada UKM sehingga dipilihlah ketiga faktor tersebut sebagai faktor keunggulan bersaing. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing pada UKM sari apel, maka dapat dirumuskan strategi yang tepat untuk diimplementasikan sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja pemasaran UKM sari apel dan membuat UKM memenangkan persaingan di tengah-tengah maraknya industri pengolahan sari apel saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing juga pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UKM sari apel dan merumuskan strategi yang tepat bagi UKM sari apel dan mengetahui strategi yang tepat untuk menciptakan keunggulan bersaing pada UKM sari apel. Tahap pertama pada penelitian ini adalah menentukan pengaruh atau hubungan antar variabel menggunakan teknik analisis SEM ( Structural Equation Model ) dan tahap kedua adalah merumuskan strategi yang tepat bagi UKM sari apel menggunakan metode AHP ( Analytical Hierarchy Process ). Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa orientasi pasar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan keungulan bersaing mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal ini berarti bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga dapat dirumuskan strategi yang tepat bagi UKM sari apel berdasarkan masing-masing variabel. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa prioritas strategi yang tepat untuk orientasi pasar, inovasi, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran secara berturut-turut adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen (0.249), beralih ke peralatan dan mesin modern (0.497), mengenali kekuatan dan kelemahan produk sendiri (0.286), evaluasi rutin terhadap kualitas (0.361) dan memperketat pengendalian kualitas (0.478).