Pengaruh Sex Appeal Advertising terhadap Efektivitas Iklan dalam Pembentukan Brand Awareness

Main Author: Kurniawan, Wibowo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160077/
Daftar Isi:
  • Sebagai produk parfum pria yang memiliki banyak kompetitor, Axe yang telah masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 1995 menyadari betapa pentingnya Brand Awareness yang akan mempengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas konsumen mereka. Salah satu cara yang dilakukan oleh Axe adalah dengan berusaha menciptakan sebuah iklan televisi yang efektif, dengan konten sex appeal sebagai cirikhas dan daya tarik bagi para audiens yang menyaksikannya. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada masalah: “Apakah sex appeal advertising dari program periklanan AXE EFFECT adalah iklan yang efektif, dan bagaimana pengaruhnya terhadap pembentukan brand awareness di benak para laki-laki muda sebagai konsumen produk Axe ?”. Untuk menjawab permasalahan diatas maka digunakan kuesioner untuk memperoleh data-data yang diperlukan yang berkaitan dengan variabel-variabel dalam penelitian ini ( sex appeal advertising , efektifitas iklan, dan brand awareness ) . Responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 125 mahasiwa laki-laki yang berasal tiga Universitas terkemuka di Malang (Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang). Selanjutnya Data yang terkumpul tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Path . Dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat di simpulkan bahwa, sex appeal advertising yang di gunakan oleh Axe adalah iklan yang efektif, dan mampu membentuk brand awareness di benak para audiensnya, yaitu para laki-laki muda di Indonesia yang diwakili oleh para responden dalam penelitian ini.