Pengaruh Kredibilitas Endorser Iklan Sensodyne pada Sikap Konsumen (terhadap Iklan dan Produk) dan Minat Beli Konsumen

Main Author: Rahmah, Nikmatur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160075/
Daftar Isi:
  • Grup perusahaan GlaxoSmithKline memiliki strategi periklanan produk pasta gigi sensitif Sensodyne, salah satu bentuk strateginya adalah dengan menggunakan endorser yang berasal dari karyawan eksekutifnya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kredibilitas endorser terhadap sikap pada iklan, sikap pada produk, serta implikasinya terhadap niat pembelian. Teori yang di gunakan adalah teori manajemen pemasaran yang berkaitan dengan kredibilitas endorser, sikap terhadap iklan, sikap terhadap produk dan niat pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk mengambil data 160 responden dan keseluruhan responden adalah mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Data penelitian di kumpulkan melalui daftar pertanyaan (kuesioner). Analisis data mempergunakan Partial Least Square (PLS), untuk hipotesis pertama sampai hipotesis keenam dengan program SmartPLS2.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kredibilitas endorser terhadap sikap atas iklan dan sikap atas produk, sedangkan kredibilitas endorser terhadap minat beli pasta gigi Sensodyne tidak terbukti Temuan penelitian tersebut diharapkan dapat membantu perusahaan GlaxoSmithKline selaku produsen pasta gigi Sensodyne untuk menentukan kebijakan dan pengembangan strategi pemasaran khususnya dalam memilih endorser agar lebih efektif dan efisien dalam upaya pemasaran global.