Pengaruh Suasana Toko Online Terhadap Emosi Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Kaskus.Co.Id)

Main Author: Wijaya, DwiWahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160050/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Suasana Toko Online dapat meningkatkan Emosi pengunjung website ke arah yang lebih positif serta memicu pada Proses Keputusan Pembelian pengunjung website. Subyek penelitian ini adalah pembeli produk elektronik pada Forum Jual Beli (FJB) website Kaskus.co.id. Kaskus.co.id merupakan pelopor dalam marketspace di Indonesia, serta website berbentuk forum terbesar di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 orang responden, penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan Google Form. Teknik analisis inferensial yang digunakan yaitu Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 9 hipotesis dengan 7 hipotesis menghasilkan pengaruh signifikan dan 2 hipotesis menghasilkan pengaruh tidak signifikan. Hipotesis yang menghasilkan pengaruh signifikan yaitu Desain Web, Suasana Virtual, dan Sosial Virtual terhadap Emosi. Selanjutnya Desain Web, Suasana Virtual, dan Sosial Virtual terhadap Proses Keputusan Pembelian. Hipotesis yang menghasilkan pengaruh tidak signifikan diantarnya Unsur Seni terhadap Emosi dan Unsur Seni terhadap Proses Keputusan Pembelian.