Pengaruh Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality), Kepercayaan (Trust) dan Gaya Hidup (Lifestyle) terhadap Sikap dan Niat Perilaku Pembelian Online (Studi pada Pengguna Jasa Rekber Blackpanda)
Main Author: | Sulistyowati, FitriaAjeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160048/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan online ( e-service quality ), kepercayaan ( trust ) dan gaya hidup ( lifestyle ) terhadap sikap dan niat perilaku pembelian online melalui survey dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 responden, 30 responden penelitian pendahuluan dan 170 responden untuk penelitian lanjutan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan online ( e-service quality ), kepercayaan ( trust ) dan gaya hidup ( lifestyle ) berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap sikap konsumen online. Variabel sikap konsumen online berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap niat perilaku pembelian online. Variabel kualitas pelayanan online ( e-service quality ) dan kepercayaan ( trust ) berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap niat perilaku pembelian online, tetapi gaya hidup ( lifestyle ) tidak berpengaruh secara langsung signifikan terhadap niat perilaku pembelian online. Variabel kualitas pelayanan online ( e-service quality ), kepercayaan ( trust ) dan gaya hidup ( lifestyle ) berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat perilaku pembelian online yang dimediasi oleh sikap konsumen online. Hal ini menunjukkan ada faktor lain yang belum ditemukan dalam penelitian ini dan menjadi rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.