Suasana Toko (Store Atmosphere) dalam Menciptakan Emosi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengunjung Hypermart Malang Town Square Kota Malang)
Main Author: | Sukma, ErlanggaAndi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160033/ |
Daftar Isi:
- Konsumen semakin dihadapkan oleh banyak pilihan tempat untuk melakukan pembelian dengan semakin meningkatnya jumlah pasar swalayan, pilihan konsumen akan jatuh pada pasar swalayan yang mampu menawarkan manfaat-manfaat bagi konsumen seperti harga terjangkau, produk yang lengkap, lokasi yang mudah dicapai, suasana yang nyaman dan lain sebagainya. Dengan demikian perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan apa yang menjadi harapan dari konsumen. Melihat kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap bisnis ritel perlu meningkatkan kekuatan yang ada dalam perusahaannya dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing untuk dapat menarik minat membeli konsumen. Menarik konsumen melakukan pembelian tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan diskon, door prize, atau kegiatan promosi lainnya. Menarik konsumen untuk melakukan pembelian juga dapat dilakukan dengan cara memberikan suasana yang menyenangkan bagi konsumen pada saat di dalam toko, karena konsumen yang merasa senang diharapkan akan melakukan pembelian. Penelitian melalui metode survey ini ditekankan kepada 100 orang pengunjung Hypermart Malang Town Square Kota Malang yang merasakan implementasi Store Atmosphere yang dilakukan perusahaan. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk dapat menjawab pengaruh antara 6 variabel, yaitu Bagian Luar Toko, Bagian Umum Dalam Toko, Tata Letak Toko, Pajangan Dalam Toko, Emosi, dan Keputusan Pembelian. Penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif ini menggunakan kuesner sebagai instrumen pengumpul data primer dengan menerapkan skala semantic differential yang dikembangkan sedemikian rupa, dan data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan teknik analisis data yaitu Partial Least Square ( PLS ) untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel. Adapun data sekunder diperoleh melalui pengumpulan informasi terkait dari dokumen perusahaan Hypermart Malang Town Square Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Bagian Luar Toko terhadap Emosi sebesar 23,73% (t = 3,1817), Bagian Umum Dalam Toko terhadap Emosi sebesar 4,72% (t = 0,3273), Tata Letak Toko terhadap Emosi sebesar 26,79% (t = 2,3170), Pajangan Dalam Toko terhadap Emosi sebesar 23,80% (t = 2,0813), dan Emosi terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 31,78% (t = 2,0141), Penelitian ini membuktikan bahwa implementasi suasana toko yang maksimal dapat menciptakan emosi dan mempengaruhi dalam keputusan pembelian.