Store Atmosphere dalam Menciptakan Emosi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengunjung Alfamart, Jalan Soekarno Hatta, Ruko Center Point, Kota Malang)
Main Author: | Kurniawan, MochammadLukmanZaini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160031/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan apakah ada pengaruh antara Store Atmosphere (Suasana Toko), Emosi dan Keputusan Pembelian. Store Atmosphere merupakan salah satu unsur yang dapat memicu keputusan pembelian. Menurut teori SOR (Stimulus Organism Response) yang dikemukakan oleh Mehrabian and Russell (1976), setiap individu yang melakukan keputusan pembelian akan melewati tahapan SOR. Emosi terdiri dari tiga unsur antara lain : Kesenangan, Gairah dan Dominasi. Response (Respon) terdiri dari dua unsur yaitu mendekati atau menghindari. Jika respon yang terjadi adalah mendekati, maka akan terjadi keputusan pembelian, sebaliknya apabila konsumen menghindari maka tidak akan terjadi keputusan pembelian. Bagi pemilik toko kelontong yang keberadaanya mulai tergeser oleh kehadiran minimarket , hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki suasana tokonya agar mampu bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh sebab-akibat antara dua atau lebih variabel, melalui pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang telah melakukan transaksi pembelian di minimarket Alfamart, ruko Center Point. Metode pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan Partial Least Square . Hasil penelitian ini adalah : 1) Bagian Luar Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Membeli, 2) Bagian Luar Toko berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Kesenangan, 3) Bagian Luar Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Gairah, 4) Bagian Luar Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Dominasi, 5) Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Kesenangan, 6) Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Gairah, 7) Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Dominasi, 8) Tata Letak Toko berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Kesenangan, 9) Tata Letak Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Gairah, 10) Tata Letak Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Dominasi, 11) Tampilan Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Kesenangan, 12) Tampilan Bagian Dalam Toko berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Gairah, 13) Tampilan Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap variabel Dominasi, 14) Tampilan Bagian Dalam Toko berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Membeli, 15) Kesenangan berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Membeli, 16) Gairah berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Membeli, 17) Dominasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Membeli.