Pengaruh Kinerja Produk, Tingkat Kepuasan, dan Tingkat Keterlibatan pada Perilaku Perpindahan Merek (Brand Switching) (Studi pada Pengguna Kartu Seluler)

Main Author: Pranita, AndinaJathu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160006/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menganalisis pengaruh kinerja produk, tingkat kepuasan, dan tingkat keterlibatan pada perilaku perpindahan merek kartu seluler. Fenomena yang ada saat ini menunjukkan bahwa kaum muda yang ditengarai sering melakukan perilaku perpindahan merek kartu seluler. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Strata-1 Universitas Brawijaya dan diperoleh sampel berjumlah 100 mahasiswa yang telah terbagi menjadi beberapa responden untuk di setiap fakultas yang ada di Universitas Brawijaya. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah memiliki pengalaman dalam melakukan perpindahan merek kartu seluler dan saat ini masih menggunakan 1 kartu seluler. Alat analisis yang digunakan adalah anĂ¡lisis jalur ( path analysis ). Hasil menunjukkan beberapa temuan, pertama kinerja produk berpengaruh terhadap tingkat kepuasan. Kedua, tingkat kepuasan tidak dapat memediasi pengaruh kinerja produk terhadap perilaku perpindahan merek. Ketiga, kinerja produk berpengaruh terhadap perilaku perpindahan merek. Keempat, tingkat keterlibatan berpengaruh terhadap perilaku perpindahan merek. Kelima, tingkat keterlibatan tidak dapat memediasi pengaruh kinerja produk terhadap perilaku perpindahan merek.