Pengaruh Ketersediaan Uang, Waktu, Fashion Involvement dengan Mediator Kecenderungan Hedonic Consumption dan Emosi Positif terhadap Perilaku Pembelian Impulse pada Amboina City Center (Studi pada Pemb
Main Author: | Pattipeilohy, VictorRinghard |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160005/ |
Daftar Isi:
- Salah satu karakteristik proses pengambilan keputusan pembelian konsumen adalah perilaku pembelian impulse atau pembelian secara spontan. Penting untuk memahami tentang faktor-faktor yang memicu perilaku pembelian impulse bagi para pengelola atau pelaku bisnis retail, karena sangat membantu meningkatkan omset penjualan perusahaan. Perilaku pembelian impulse dapat terjadi bagi siapa saja saat melakukan kunjungan belanja, termasuk konsumen di Kota Ambon, saat berkunjung dan berbelanja di toko atau retail, melakukan pembelian secara impulse di antaranya dengan membeli produk pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh secara langsung maupun tidak langsung ketersediaan uang, ketersediaan waktu, fashion involvement , terhadap perilaku pembelian impulse produk fashion pakaian dengan mediator kecenderungan hedonic consumption dan emosi positif pada pusat perbelanjaan Amboina City Center. Sampel dalam penelitian ini adalah para konsumen yang berbelanja di fashion store dan berjumlah 200 responden, dengan menggunakan metode penentuan sampel accidental (insidentil). Teknik analisa data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil analisis menunjukan bahwa ketersediaan uang dan waktu berpengaruh secara langsung terhadap kecenderungan hedonic concumption dan emosi positif konsumen, dan berpengaruh secara tidak langsung melalui kedua variabel mediasi tersebut. Selanjutnya, fashion involvement terbukti dapat mempenggaruhi baik langsung maupun secara tidak langsung terhadap kecenderungan hedonic consumption , emosi positif, dan perilaku pembelian impulse produk fashion pakaian.