Analisis Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Mediasi Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merek (Studi Pada Kuliner Khas Kota Malang)

Main Author: Panjaitan, AndreyOlafYeriko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/160004/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkat dan berkembangnya kegiatan usaha yang terdapat di Kota Malang, khususnya kegiatan usaha kuliner khas Kota Malang. Perkembangan dan peningkatan kegiatan usaha tersebut dipengaruhi dan ditunjang oleh beberapa hal, seperti dikenalnya Kota Malang dengan Kota Pendidikan dan Kota Wisata yang dapat menarik minat banyak orang, pengunjung, atau wisatawan untuk datang dan berkunjung ke kota ini. Semakin banyak orang, pengunjung, atau wisatawan yang datang ke kota ini akan meningkatkan pasar untuk kegiatan usaha yang terdapat di Kota Malang, khususnya kegiatan usaha kuliner khas Kota Malang. Untuk dapat meningkatkan kegiatan usahanya, sebuah badan usaha kuliner khas Kota Malang perlu membentuk sebuah merek dan loyalitas merek, dan loyalitas merek terbentuk oleh pengalaman merek, kepuasan merek, dan kepercayaan merek. Tujuan penelitian adalah untuk menelaah pengaruh pengalaman merek, kepuasan merek, dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi adalah seluruh orang yang pernah melakukan pembelian pada 8 (delapan) obyek kuliner khas Kota Malang. Metode pengambilan sampel adalah Non Probability Sampling dan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Sumber data adalah primer dan sekunder. Data primer adalah data hasil kuesioner dan wawancara terhadap responden. Data sekunder adalah data hasil wawancara terhadap pemilik badan usaha atau manajer badan usaha kuliner khas Kota Malang. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman merek memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan merek, pengalaman merek memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek, pengalaman merek memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas merek, kepuasan merek memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, kepercayaan merek memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, pengalaman merek memiliki pengaruh secara tidak langsung yang signifikan terhadap loyalitas merek melalui mediasi kepuasan merek, dan pengalaman merek memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas merek melalui mediasi kepercayaan merek.