Pelaksanaan Kemitraan PT. Pos Indonesia dengan Mitra Usaha dalam Pengembangan Kualitas Pelayanan (Suatu Kajian pada PT. Pos Indonesia Malang)
Main Author: | Oktasari, Mulinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/160003/ |
Daftar Isi:
- PT. Pos Indonesia merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa logistik seperti surat menyurat, keuangan (wesel, giro, cek), bidang keagenan (penjualan benda-benda pos, pembayaran pensiunan), dan bidang logistik paket pos. PT. Pos Indonesia dituntut memberikan pelayanan jasa pos kepada masyarakat yang nantinya akan berdampak pada besarnya pendapatan yang diterima perusahaan. Oleh karena itu, PT. Pos Indonesia sebagai penyedia jasa layanan publik diharapkan mampu merespon dan bersikap tanggap terhadap kebutuhan pelanggannya. Pelanggan adalah raja, yang mengandung arti bahwa dialah yang harus dilayani dan dijadikan tujuan utama kegiatan penyedia layanan publik. Peran pelanggan sangatlah penting bagi kelangsungan hidup perusahaan jasa seperti PT. Pos Indonesia karena tanpa pelanggan tidak ada artinya perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan hal-hal sebagai berikut: 1) pelaksanaan kemitraan usaha antara PT. Pos Indonesia Malang dengan mitra usaha, dan 2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi PT. Pos Indonesia Malang dalam pelaksanaan kemitraan dengan mitra usaha. Hasil penelitian yang dilakukan PT. Pos Indonesia Malang berusaha mendekatkan diri dengan masyarakat dan sebagai salah satu alternatif dalam melayani masyarakat dengan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memanfaatkan bisnis layanan yang diselenggarakan oleh pihak pos, yaitu bisnis layanan komunikasi, bisnis layanan logistik dan bisnis layanan keuangan dan keagenan. Pada penelitian di PT. Pos Indonesia Malang, peneliti menemukan fakta di lapangan bahwa hubungan kemitraan PT. Pos Indonesia Malang dengan perusahaan-perusahaan mitra dalam meningkatkan pelayanan, hanya semata-mata menjadikan PT. Pos Indonesia Malang sebagai semacam “juru bayar”/teller dan bukan sebagai mitra yang strategis dalam hal ini mitra strategis yang dimaksud adalah seperti lembaga perbankan. Saran dari peneliti adalah Agar semua bisnis layanan di PT. Pos Indonesia Malang bisa berjalan dan diminati oleh masyarakat maka pihak pos harus menciptakan inovasi-inovasi baru yang mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa pos, selain itu PT. Pos Indonesia seharusnya menggunakan metode baru dalam pemberian pelayanan agar bisa tetap bersaing dengan perusahaan jasa swasta baik kecepatan, keamanannya dan tarif yang ditetapkan. Metode dan inovasi baru tersebut bisa melalui sistem ”One Stop Service”. Dengan One Stop Service diharapakan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat selama 24 jam penuh. Sehingga pihak pos secara langsung tidak kehilangan pelanggan yang dapat datang ke kantor pos kapanpun juga tanpa ada pembatasan waktu yang diberikan oleh pihak pos.