Pengaruh Faktor Situasional dan Reaksi Impulsif terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Produk Makanan di Avan Supermarket Kota Malang

Main Author: Harris, AlainFilmore
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159993/
Daftar Isi:
  • Perkembangan bisnis ritel modern yang pesat di Kota Malang, menimbulkan persaingan yang semakin ketat antar peritel, khususnya supermarket dalam memperebutkan konsumen. Sebagai konsekuensinya, pihak pengusaha dan pengelola supermarket di Kota Malang harus senantiasa memahami perilaku konsumen secara keseluruhan, di mana didalamnya menyangkut proses keputusan pembelian. Literatur pemasaran menyatakan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, salah satunya adalah faktor situasional. Pemahaman tentang pengaruh situasional terhadap keputusan pembelian konsumen akan membantu pengelola-pengelola supermarket di Kota Malang dalam penyusunan rencana dan pelaksanaan strategi ritel yang tepat dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh langsung faktor situasional terhadap keputusan pembelian impulsif (2) Mengetahui pengaruh tidak langsung faktor situasional terhadap keputusan pembelian impulsif melalui reaksi impulsif dan (3) Mengetahui pengaruh reaksi impulsif terhadap keputusan pembelian impulsif. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan ( explanatory research) , yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 140 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur ( path analysis ). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Faktor situasional berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian impulsif (2) faktor situasional tidak berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian impulsif melalui reaksi impulsif. (3) reaksi impulsif tidak berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian impulsif. Saran bagi Avan Supermarket adalah membenahi ekterior dan interior agar konsumen dapat berbelanja sekaligus melakukan rekreasi dan melengkapi produk makanan seperti buah-buahan serta senantiasa mengikuti perkembangan produk makanan di tanah air.