Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Kosmetik Merek Pond’s Palsu (Studi pada Konsumen Di Kota Malang)
Main Author: | Sari, RiscaKurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159979/ |
Daftar Isi:
- Industri kosmetik yang berkembang pesat menyebabkan persaingan yang ketat pada produk kosmetik legal maupun ilegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa konsumen dalam membeli dan menggunakan produk POND`S palsu, menggali penyebab dasar konsumen dalam membeli dan menggunakan produk POND`S palsu, serta untuk mengetahui perilaku konsumen dalam menanggapi peredaran produk POND`S palsu. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif fenomenologis yaitu penelitian yang mengungkap dan memahami makna ( noumena ) yang ada dibalik fenomena tindakan dari masing-masing individu yang melakukan berbagai tindakan atas dasar persepsi sendiri serta berbagai aspek yang melatarbelakangi tindakannya. Jumlah informan dalam penelitian ini 6 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan metode snowball sampling. Temuan yang berupa proposisi menunjukkan bahwa (1) Merek yang sudah terkenal ( brand image ) menjadi salah satu alasan konsumen memilih untuk membeli merek POND`S (2) Rangsangan pemasaran berupa iklan di televisi, produk yang sesuai dengan kebutuhan, dan harga yang terjangkau menstimuli konsumen untuk membeli produk kosmetik merek POND`S (3) Harga yang murah menjadi pertimbangan utama dalam mendorong konsumen membeli produk POND`S palsu (4) Loyalitas konsumen yang tinggi terhadap merek POND`S menjadikan mereka memutuskan untuk membeli produk POND`S palsu tanpa mempertimbangkan arti kesehatan dan keaslian suatu produk (5) Kelompok referensi antara lain teman sekantor dan pegawai toko di mana produk tersebut dijual mendorong konsumen membeli produk POND`S palsu (6) Motivasi untuk mencoba produk baru dan kepercayaan kepada merek POND`S Unilever sebagai merek yang bagus mendorong konsumen membeli produk POND`S palsu (7) Dari beberapa sumber informasi, seperti sumber pribadi (rekan sekantor) dan komersial (iklan di televisi) yang membuat konsumen mempertimbangkan pemilihan kosmetik merek POND`S dan POND`S palsu.