Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Ayam Goreng Cepat Saji (fast food) di Kota Malang

Main Author: Santoso, ErikPriyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159978/
Daftar Isi:
  • Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh dari variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis dan faktor bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ayam goring cepat saji ( fast food ) di Kota Malang. 2. Untuk mengetahui di antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang meliputi variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis dan faktor bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian ayam goreng cepat saji ( fast food ) di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan pada konsumen ayam goring cepat saji ( fast food ) medium di kota Malang (Pulosari fried chicken , Quick chicken danYami fried chicken ). Yang berusia antara 15-50 tahun. Metode pengambilan sampel adalah insidetal sampling, hal ini dilakukan agar hasil penelitian ini sesuai dengan harapan peneliti. Jumlah sampel sebanyak 105 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Structural Equation Model berbasis Partial Least Square (Analisis PLS) . Karakteristik responden didasarkan pada jenis kelamin, usia, pekerjaan, besarnya penghasilan per bulan, frekuensi kunjungan, lama responden mengkonsumsi produk makanan cepat saji, alas an responden memilih produk makanan cepat saji, alasan membeli makanan cepat saji, waktu membeli dan dengan siapa responden membeli. Dari hasil analisis statistic uji Structural Equation Model berbasis Partial Least Square (Analisis PLS) untuk masing-masing faktor lebih dari nilai kritis yang ditentukan, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dapat disimpulkan bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikolgis mempunyai pengaruh nyata terhadap keputusan pembelian ayam goring cepat saji di kota Malang. (sehingga hipotesis 1 terbukti). Berdasarkan hasil analisis Model Struktural PLS ( Structural Equation Model berbasis Partial Least Square) diketahui bahwa dari seluruh variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen yang diteliti faktor budaya berpengaruh siknifikan sebesar 0.162, faktor sosial berpengaruh siknifikan sebesar 0.185, faktor pribadi berpengaruh siknifikan sebesar 0.202 faktor psikologis berpengaruh siknifikan sebesar 0.418 dan factor bauran pemasaran berpengaruh siknifikan sebesar 0.342 terhadap pembelian ayam goring cepat saji ( fast food ) di Kota Malang. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor psikologis merupakan faktor yang dominan atau paling berpengaruh sebesar 0,418 dalam keputusan pembelian ayam goring cepat saji di kota Malang. Hal ini bisa dilihat dari besarnya pengaruh masing–masing faktor pada hasil output Smart PLS. (Sehingga hipotesis II telah terbukti).