Atribut Produk Intrinsik dan Ekstrinsik yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Membeli Produk Camilan Khas Kota Malang

Main Author: Rasyid, AhmadKarimur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159976/
Daftar Isi:
  • Produk camilan khas merupakan produk yang menampilkan ke khasan suatu daerah selain harus tetap mempertahankan keunggulan bersaingnya sebagai suatu produk makan, dalam menciptakan keunggulan bersaing produknya produsen camilan khas Malang perlu mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk khas Malang sehingga produk tersebut memiliki karakteristik yang dapat ditonjolkan dan menjadi sebuah keunggulan bersaing. Penelitian ini menganalisis atribut produk camilan khas kota Malang yang dipertimbangkan konsumen majemuk yang memiliki perbedaan budaya, adat, agama serta kebiasaan. Produk camilan khas kota Malang harus mampu memenuhi selera konsumen yang berbeda-beda tetapi tetap mempertahankan ke khasan daerahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Atribut produk intrinsik (kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, bentuk) yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang, atribut produk ekstrinsik (desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan) yang di pertimbangkan konsumen dalam membeli produk camilan khas Kota Malang. Penelitian menggunakan metode penelitian explanatory survey di toko tempat penjualan camilan khas kota Malang di kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Confirmatory Faktor Analysis (CFA). Temuan penelitian ini ketujuh atribut produk intrinsik yang terdiri dari: kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, dan bentuk serta ketujuh atribut produk ekstrinsik yang terdiri dari: desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan merupakan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk camilan khas Malang.