Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency di Matahari Departement Store Kota Ambon
Main Author: | Hetharie, JondryAdrin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159965/ |
Daftar Isi:
- Realita kondisi Kota Ambon pasca konflik horisontal dan seiring dengan membaiknya kondisi keamanan serta pemulihan ekonomi yang berhasil dilakukan oleh pemerintah, hal tersebut dapat dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi Kota Ambon yang mencapai 5% pada tahun 2008 jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 0% di tahun 1999. Kondisi tersebut mendorong perkembangan aktivitas bisnis pada umumnya, termasuk mempengaruhi perkembangan sektor perdagangan, dalam hal ini pertumbuhan pasar-pasar modern yang berlomba-lomba menarik pelanggan sebanyak mungkin untuk dapat berbelanja dan bagaimana memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji stimuli yang diberikan dari lingkungan toko dan sosial toko terhadap kecenderungan pembelian impulsif dimediasi oleh emosi positif konsumen pada Matahari departement store Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian penjelas (explanatory research). Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Matahari Departement Store Kota Ambon. Dengan jumlah responden sebanyak 128 orang, penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis jalur (path analysis) . Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung aspek lingkungan fisik dan sosial toko terhadap emosi positif konsumen dan kecenderungan pembelian impulsif. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa ada pengaruh langsung emosi positif konsumen terhadap kecenderungan pembelian impulsif dan pengaruh tidak langsung stimulus lingkungan toko dan sosial toko terhadap kecenderungan pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif konsumen.