Harga Diskon, Lingkungan Fisik dan Persepsi Produk :Pengaruhnya Terhadap Nilai Belanja dan Perilaku Pembelian Konsumen untuk Kategori Produk Pakaian Wanita (Studi pada Matahari Dept. Store Malang)

Main Author: Devica, Sadana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159962/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel harga diskon, lingkungan fisik dan persepsi produk terhadap nilai belanja dan perilaku pembelian konsumen untuk kategori produk pakaian wanita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dasar yang bertujuan untuk mencari jawaban baru atas pengaruh harga diskon, lingkungan fisik dan persepsi produk terhadap nilai belanja dan perilaku pembelian konsumen. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel eksogen yaitu harga diskon, lingkungan fisik dan persepsi produk, serta tiga variabel endogen yaitu nilai hedonik, nilai utilitarian dan perilaku pembelian. Penelitian ini dilakukan di Matahari Dept. Store Malang dimana sampel yang diteliti adalah konsumen wanita yang berjumlah 105 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgement sampling . Sumber data terdiri dari data primer yaitu hasil jawaban kuesioner, serta data sekunder yang diperoleh dari internet, meliputi tempat belanja di Malang, sejarah Matahari Dept. Store , visi dan misi Matahari Dept. Store , dan filosofi Matahari Dept. Store . Uji Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas melalui confirmatory factor analysis (CFA). Hasil dari analisis path menunjukkan bahwa : (1) harga diskon berpengaruh terhadap nilai hedonik, (2) lingkungan fisik tidak berpengaruh terhadap nilai hedonik, (3) persepsi produk berpengaruh terhadap nilai hedonik dan nilai utilitarian , (4) nilai hedonik berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen, dan (5) nilai utilitarian tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen.