Hubungan Kausalitas antara Atribut yang Berhubungan dengan Produk, Atribut yang Berhubungan dengan Aspek Non-Produk, Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen, dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Kredit U
Main Author: | Wijayanti, Ajeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159957/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kausalitas antara atribut yang berhubungan dengan produk, atribut yang berhubungan dengan aspek non-produk, kepuasan, kepercayaan, komitmen, dan loyalitas nasabah Kredit Usaha Mikro (KUM) Mandiri di Kediri. Sampel penelitian ini adalah nasabah Kredit Usaha Mikro (KUM) Mandiri di Kota dan Kabupaten Kediri yang berjumlah 100 responden. Hipotesis penelitian diuji dengan mengembangkan model konseptual kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan model persamaan struktural (SEM) dengan bantuan program AMOS 6. Berdasarkan hasil pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, semua item pertanyaan dalam kuesioner adalah valid dan reliabel. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis confirmatory factor analysis (CFA) dan penghitungan construct reliabiltity serta variance extracted , menunjukkan bahwa semua konstruk memiliki validitas dan reliabilitas konstruk yang baik, serta secara full model , model yang dikembangkan memiliki goodness of fit indeks yang baik .Selanjutnya, hasil pengujian hipotesis dengan analisis SEM disimpulkan bahwa (1)Atribut yang berhubungan dengan produk berhubungan positif terhadap kepuasan nasabah, (2) Atribut yang berhubungan dengan aspek non-produk berhubungan positif terhadap kepuasan nasabah, (3) Kepuasan nasabah berhubungan positif terhadap kepercayaan nasabah, (4) Kepuasan nasabah tidak berhubungan positif terhadap komitmen nasabah, (5) Kepercayaan nasabah berhubungan positif terhadap komitmen nasabah untuk selalu bermitra dengan Bank Mandiri, (6) Kepuasan nasabah tidak berhubungan positif terhadap loyalitas nasabah, (7) Kepercayaan nasabah berhubungan positif terhadap komitmen nasabah (8) Komitmen nasabah berhubungan positif terhadap loyalitas nasabah kepada Bank Mandiri.