Strategi Brand Relationship Quality, Brand Commitment dan Brand Love terhadap Brand Loyalty pada Restoran Waralaba Asing di Kota Malang
Main Author: | Ubud, Suzan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159954/ |
Daftar Isi:
- Pada tahun-tahun terakhir ini, konsep tentang kualitas hubungan merek ( brand relationship quality ) telah menarik perhatian yang semakin banyak, baik dari para peneliti maupun para praktisi dalam bidang pemasaran merek. Hanya saja, adanya perbedaan paradigma membuat cara konseptualisasi dan pengukuran konsep tersebut dari perspektif yang berbeda-beda. Penelitian ini, mengintegrasikan dan memodifikasi konsep utama dari berbagai paradigma hubungan konsumen-merek yang berbeda-beda dan menawarkan pengujian sebuah model yang integratif (terpadu). Berdasarkan pada teori brand relationship quality dan relationship marketing (RM), tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan antara strategi brand relationship quality, brand commitment dan brand love dalam mencapai brand loyalty pada restoran waralaba asing di kota Malang. Brand loyalty dapat dicapai jika restoran memandang kedepan konsep strategi brand relationship quality yaitu dengan meningkatkan keunikan, kepercayaan, kesenangan dan kepuasan bagi pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan restoran waralaba asing di kota Malang dengan jumlah sampel sebesar 120 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah PLS ( Partial Least Square ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh langsung dan signifikan antara strategi brand relationship quality terhadap brand commitment , brand commitment terhadap brand love , brand commitment terhadap brand loyalty dan brand love terhadap brand loyalty . Penelitian ini juga menghasilkan pengaruh tidak signifikan antara strategi brand relationship quality terhadap brand love dan strategi brand relationship quality terhadap brand loyalty . Penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel strategi brand relationship quality terhadap brand commitment mempunyai pengaruh paling besar. Sedangkan pengaruh hubungan yang paling rendah adalah variabel strategi brand relationship quality terhadap brand loyalty, hubungan ini akan signifikan apabila diperkuat brand commitment dan brand love . Dengan demikian, penelitian ini mendukung teori brand relationship quality dan konsep relationship marketing serta kritik yang dikemukakan oleh Shu Pei-Tsai. Akhirnya, brand loyalty tidak hanya tergantung pada strategi brand relationship quality tapi juga brand commitment dan brand love.