Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan Konsumen Teh Botol Sosro di Kota Malang
Main Author: | Subianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159953/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, dan loyalitas merek) terhadap keputusan membeli konsumen minuman Teh Botol Sosro. Data yang dianalisa berasal dari 100 responden yang merupakan konsumen minuman Teh Botol Sosro yang terdaftar pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unibraw dan telah menjadi konsumen minuman Teh Botol Sosro selama lebih dari satu tahun. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen , dengan nilai Fhitung sebesar 21,792. Secara parsial, variabel kesadaran merek berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai thitung sebesar 1,039. Demikian juga dengan variabel asosiasi merek dengan nilai thitung sebesar 1,136. Sedangkan variabel persepsi kualitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai thitung sebesar 3,303. Variabel loyalitas merek juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai thitung sebesar 2,517. Dan nilai ajusted R square sebesar 0,459. Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, dan loyalitas merek mempunyai hubungan positif atau searah dengan keputusan membeli konsumen . Persepsi kualitas merek merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan membeli konsumen. Hasil penelitian dapat digunakan dalam strategi pemasaran, sebaiknya pihak perusahaan mempertahankan dan meningkatkan ekuitas merek untuk memperoleh keputusan membeli konsumen, terutama persepsi kualitas merek minuman Teh Botol Sosro karena variabel ini yang dominan dalam mempengaruhi keputusan membeli konsumen minuman Teh Botol Sosro.