Pengaruh Persepsi Iklan, Kesadaran Merek, Citra Merek Terhadap Sikap Pada Merek dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Pestisida Merek Sidamethrin 50 EC)

Main Author: Hakim, RahmaTiara
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159943/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris: (1) Apakah sikap pada merek dipengaruhi oleh persepsi iklan, kesadaran merek dan citra merek secara langsung maupun tidak langsung. (2) Apakah keputusan pembelian dipengaruhi oleh persepsi iklan, kesadaran merek dan citra merek secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap pada merek. Secara teoritis diharapkan hasil penelitian ini dapat memperkaya dan melengkapi ilmu pengetahuan dibidang manajemen terutama teori pemasaran, sehingga dapat bermanfaat bagi para akademisi dan praktisi. Populasi penelitian adalah petani pengguna produk pestisida merek Sidamethrin 50 EC dan pernah melihat iklan Sidamethrin 50 EC di media cetak di wilayah Malang. Sampel penelitian sebanyak 170 responden. Metode analisa data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi iklan dan citra merek terhadap sikap pada merek. Persepsi iklan mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi kesadaran merek dan citra merek memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu terdapat hubungan secara tidak langsung antara persepsi iklan, kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap pada merek.