Pengaruh Reminding terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus PT. Telkom Semarang)
Main Author: | Suwarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159924/ |
Daftar Isi:
- Salah satu sektor bisnis pada jasa telekomunikasi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan pesat adalah industri telekomunikasi. Hal tersebut menjadikan persaingan di bidang telekomunikasi semakin kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektifitas reminding untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Semua perusahaan mempunyai pelanggan sebagai sumber penghasilan.Reminding adalah mengingatkan ataupun memberitahukan kepada pelanggan akan produk atau jasa yang digunakan agar pelanggan tetap loyal, dengan adanya reminding pelanggan akan tahu hak dan kewajiban yang harus dilakukan. Kepuasan pelanggan dapat menjadi dasar menuju terwujudnya konsumen yang loyal. Tujuan perusahaan perlu diukur. apakah efektif atau tidak, jika tidak dilakukan akan sulit diketahui apakah tujuan perusahaan dapat dicapai atau tidak. Efektifitas bertujuan untuk menentukan tingkat pencapaian hasil atau manfaat yang diinginkan. Untuk menilai kualitas jasa pelayanan PT. Telkom Semarang digunakan lima dimensi kualitas jasa yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles . Dikenal dengan servqual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan penelitian studi kasus. Dengan langkah-langkah mulai dari pengumpulan data, penyusunan dan analisis data serta interpretasi dari data analisis.Rata-rata efektifitas kepuasan pelanggan dari ke ima dimensi pada PT Telkom Semarang sebesar 71.115 berada pada rentang nilai skor 68 - 84 dengan kriteria efektif. Dalam hal ini efektifitas reminding dalam kategori efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan studi kasus PT. Telkom Semarang.