Analisis Retail Mix dan Kualitas Layanan terhadap Behavioral Intentions yang di Mediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Studi pada Supermarket di Kabupaten Maluku Tenggara)
Main Author: | Rettob, AmbaNurdin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159912/ |
Daftar Isi:
- Pedagang eceran di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan adanya CAFTA akan membawa dunia retail Indonesia pada era baru yaitu Global Retailing . Supermarket merupakan salah satu konsep retail yang memiliki peluang bisnis yang sangat besar dan popular, karena Supermarket dapat menjual sekitar 5.000 item barang dengan luas area sekitar 2000 m 3 , dan hal tersebut menjadikan Supermarket mampu mengaplikasikan konsep one-stop shopping . Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh langsung Retail Mix dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Behavioral Intentions , 2) mengetahui pengaruh tidak langsung Retail Mix dan Kualitas Layanan terhadap Behavioral Intentions melalui Kepuasan Pelanggan, dan 3) mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Behavioral Intentions . Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan ( Explanatory Research ), yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 180 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori dan analisis jalur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1) Retail Mix berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Kepuasan Pelanggan, 2) Retail Mix berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Behavioral Intentions , 3) Retail Mix berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Behavioral Intentions melalui Kepuasan Pelanggan, 4) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Kepuasan Pelanggan, 5) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung Behavioral Intentions , 6) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Behavioral Intentions melalui Kepuasan Pelanggan, dan 7) Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intentions diterima.