Analisis Kualitas Layanan Kesehatan serta Upaya Peningkatannya (Studi Kasus di Poliklinik “X”)

Main Author: Mende, Jefferson
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159898/
Daftar Isi:
  • Meskipun layanan di bidang kesehatan adalah usaha non-profit, namun untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan pelayanan perawatan yang berkualitas harus menjadi tujuan utama dari setiap penyedia layanan kesehatan. Pengukuran kinerja menggunakan Service Performance . Sixsigma dengan siklus DMAIC adalah suatu metode yang digunakan untuk memperbaiki proses. Penggabungan kedua metode ini diharapkan akan memberikan peningkatan kualitas kinerja pelayanan. Penelitian ini diawali dengan identifikasi atribut layanan dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada pasien sebagai respondennya. Atribut dengan nilai terendah kemudian dianalisa dengan cause-effect diagram . Rekomendasi untuk dilakukan perbaikan setelah didapatkan faktor-faktor penyebab terjadinya kinerja yang rendah. Hasil penelitian didapatkan 8 dari 15 atribut yang diukur mendapatkan rata-rata nilai dibawah 4 (baik). Atribut-atribut tersebut adalah penataan tempat parkir di depan poliklinik, keramahan karyawan, waktu beroperasi laboratorium di poliklinik, kenyamanan ruang tunggu, proses layanan yang jelas, kenyamanan pasien dalam berinteraksi dengan karyawan poliklinik, karyawan poliklinik mampu dalam bidangnya dan Karyawan poliklinik memberikan perhatian kepada pasiennya.