Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan serta Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus pada Jurusan Teknik Mesin di Universitas “XYZ”)
Main Author: | Maulana, Yassyir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159897/ |
Daftar Isi:
- Di era globalisasi sekarang ini, persaingan yang semakin ketat tidak hanya terjadi pada bidang ekonomi saja tetapi sudah merambah ke bidang pendidikan. Upaya peningkatan kualitas merupakan suatu solusi untuk mencapai keunggulan kompetitif. Peningkatan kualitas merupakan salah satu strategi bisnis yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan tercapai apabila kualitas produk atau jasa dapat terpenuhi sesuai kebutuhannya. Tetapi memberikan kepuasan kepada pelanggan saja tidak cukup dan yang lebih diperlukan adalah loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan di dunia pendidikan erat kaitannya dengan loyalitas mahasiswa. Loyalitas mahasiswa sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup dan eksisnya suatu Perguruan Tinggi. Mahasiswa yang memiliki loyalitas yang tinggi merupakan aset Perguruan Tinggi karena memberikan rekomendasi yang positif dan mendorong teman, saudara maupun masyarakat lain untuk menggunakan jasa pendidikan yang telah dirasakan dan dialaminya. Selain itu mereka dimungkinkan akan kembali menjadi pelanggan dengan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di Perguruan Tinggi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa serta loyalitas mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin Universitas “XYZ”. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 125 responden, tetapi yang merespon hanya sebanyak 112 mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan Random Sampling . Data dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program LISREL 8.80 dengan estimasi Maximum Likelihood . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kualitas layanan SERVQUAL dengan kepuasan mahasiswa dengan nilai t-value di atas 1.96 yaitu 7.26, kemudian terdapat hubungan antara kepuasan mahasiswa dengan loyalitas mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan nilai t-value yang lebih besar dari 1.96 yaitu 2.50 dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan (SERVQUAL) dengan loyalitas mahasiswa, karena nilai t-value di bawah 1.96 yaitu -1.04. Dapat disimpulkan bahwa, jika kualitas pelayanan diperbaiki maka mahasiswa akan puas dan diharapkan dengan kepuasan tersebut dapat menciptakan loyalitas yaitu positive Word of Mouth .