Perumusan Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Layanan dengan Metode Servqual dan Kano (Studi Ksus pada Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak)

Main Author: Iyus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159889/
Daftar Isi:
  • Pengembangan pendidikan tinggi Politeknik di masa depan perlu di lakukan perubahan yang di sesuaikan dengan tuntutan jaman, agar mampu menghadapi sejumlah tantangan besar yang bersumber dari tuntutan internal maupun eksternal, salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak adalah adanya beberapa pelayanan yang di butuhkan mahasiswa tetapi belum terpenuhi oleh Jurusan Mesin Politeknik Negeri Pontianak. Sejumlah atribut pelayanan yang di harapkan, mengklasifikasikan atribut layanan tersebu serta mengupayakan meningkatkan kualitas pelayanan tersebut dapat tercapai. Agar strategi untuk meningkatkan kualitas layanan tersebut dapat dicapai, maka sangat di perlukan metode yang diharapkan mampu memecahkan masalah dalam peningkatan kualitas layanan. Dalam penelitian ini digunakan metode Servqual dan Kano , yang mana dari metode Servqual akan di dapatkan sejauh mana kesenjangan antara harapan mahasiswa dan kualitas yang di hasilkan oleh masing-masing dimensi, sedangkan untuk metode Kano akan di kategorikan dalam kategori attractive , One dimensional , Must be dan Indifferent. Berdasarkan kategori Kano dari atribut layanan yang gapnya tinggi bisa dirumuskan usulan strategi peningkatan kualitas layanan, sebaga icontoh atribut layanan kehadiran dosen dalam mengajar kurang tepat waktu menghasilkan kesenjangan negative dengan kualitas di bawah nilai satu, sedang untuk metode Kano menghasilkan kategori Must be sehingga kualitas layanan masih belum sesuai dengan yang di harapkan, sehingga pada atribut layanan tadi bila di lihat dari sisi kategori kano pihak Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak harus mengupayakan kehadiran dosen tepat waktu dengan menyediakan petugas absen, apabila terlambat akan di berikan sanksi yang sesuai. Dengan adanya hasil kesenjangan dan kualitas yang dihasilkan dari Servqual tadi di integrasikan dengan kategori Kano dan menghasil rumusan strategi yang perlu di perbaikidi urutkan berdasarkan kategori Kano dan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak harus memenuhi atribut layanan yang diharapkan mahasiswa.